Selasa, 19 Juni 2012

Komunikasi Bahasa


Kata pengantar
Puji syukur alhamdulila kami uacapkan atas kehadiran Allah SWT, karena berkat rahmat dan karuniaNya kami dapat menyelesaikan hasil makalah kami yang bejudul Hakikat komunikasi, komunikasi bahasa, Keistimewaan bahasa manusia, dan Hubungan bahasa dengan ilmu bahasa lain. Dengan adanya makalah ni dimaksudkan sebagai pendorong bagi mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Sosiolinguistik, disamping itu dapat juga sebagai bahan pegangan mahasiswa.
Dalam penulisan makalah ni penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada ibu Mardiana Sari, M.pd. yang mana telah membimbing kami dalam mata kuliah Sosiolinguistik, dan terima kasih juga kepada teman- teman, atas partisipasinya dalam diskusi kami. Kami menyadari makalah yang kami buat jauh dari kata kesempurnaan, untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran dari pemakai atau pembaca makalah kami.
                          

Palembang,    Maret  2012

                                                                 Penulis



BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Sosiolinguistik memandang bahasa tidak hanya sebagai alat komunikasi atau alat untuk menyampaikan pikiran. Karena, yang menjadi sorotan dalam soiolingistik adalah siapa yang berbicara, menggunakan bahasa apa, kepada siapa, kapan, dan apa tujuannya.
Pandangan sosiolingistik terhadap bahasa dapat dilihat dari fungsi-fungsi bahasa melalui sudut pandang penutur, pendengar, topik, kode, dan amanat pembicaraan.
komunikasi dari bahasa inggris communication,dari bahasa latin communicatus yang mempunyai arti berbagi atau menjadi milik bersama,komunikasi diartikan sebagai proses sharing diantara pihak-pihak yang melakukan aktifitas komunikasi tersebut.
komunikasi secara umum adalah suatu proses pembentukan, penyampaian, penerimaan, dan pengolahan pesan yang terjadi di dalam diri seseorang dan atau di antara dua atau lebih dengan tujuan tertentu.definisi tersebut memberikan beberapa pengertian pokok yaitu komunikasi adalah suatu proses mengenai pembentukan, penyampaian, penerimaan dan pengolahan pesan.
1.2. Masalah
            1. Bagaimanakah hakikat komunikasi bahasa ?
            2. Bagaimana kelebihan atau keistimewaan bahasa sebagai alat komunikasi manusia ?

1.3. Tujuan
Didalam pembuatan makalah ini ada beberapa tujuan antara lain : untuk memahami bagaimana hakikat komunikasi bahasa dan kelebihan dan keistimewaan bahasa sebagai alat komunikasi manusia.


BAB II
PEMBAHASAN

2.1. Hakikat komunikasi
Istilah komunikasi dari bahasa inggris communication,dari bahasa latin communicatus yang mempunyai arti berbagi atau menjadi milik bersama,komunikasi diartikan sebagai proses sharing diantara pihak-pihak yang melakukan aktifitas komunikasi tersebut.
komunikasi secara umum adalah suatu proses pembentukan, penyampaian, penerimaan, dan pengolahan pesan yang terjadi di dalam diri seseorang dan atau di antara dua atau lebih dengan tujuan tertentu.definisi tersebut memberikan beberapa pengertian pokok yaitu komunikasi adalah suatu proses mengenai pembentukan, penyampaian, penerimaan dan pengolahan pesan.
Setiap pelaku komunikasi dengan demikian akan melakukan empat tindakan: membentuk, menyampaikan, menerima dan mengelolah pesan. Ke-empat tindakan tersenut lazimnya terjadi secara ber urutan.membentuk pesan artinya menciptakan suatu ide atau gagasan. Pesan adalah produk utama komunikasi.pesan berupa lambang-lambang yang menjalankan ide/gagasan, sikap, perasaan, praktik atau tindakan. Biasa berbentuk kata-kata tertulis, lisan, gambar-gambar, angka-angka, benda, gerak gerik atau tingkah laku dan berbagai bentuk tanda-tanda lainnya. Komunikasi dapat terjadi dalam diri seseorang,antara dua orang,di antara beberapa orang atau banyak orang. komunikasi mempunyai tujuan tertentu. artinya komunikasi yang di lakukan sesuai dengan ke inginan dan kepentingan para pelakunya.
Kalau di simak batasan di atas, maka terdapat tiga komponen yang harus ada dalam setiap komunikasi yaitu: (1) pihak yang berkomunikasi, (2)informasi yang di komunikasikan, (3)alat yang di gunakan dalam komunikasi. Sebelum kita bahas lebih jauh bagaimana proses komunikasi itu berlangsung kita lihat dulu bagaimana ”perbuatan”manusia yang dapat di kategorikan sebagai perbuatan komunikasi dan yang bukan komunikasi. Setiap perbuatan atau tingkah laku manusia dapat menberikan informasi ada orang yang di sengaja atau tidak sengaja mengawalinya umpamanya jika kita melihat orang yang duduk memegang koran yang di buka lebar-lebar, maka kita akan mendapat informasi dari perbuatan itu bahwa orang itu sedang membaca koran. Apakah informasi ini benar? Menurut interpretasi kita memang benar orang itu sedang membaca koran. namun tidak lepas kemungkinan orang itu hanya memperhatikan gerak gerik orang lain yang ada di sekitarnya.
Komponen dalam alat komunikasi yang di gunakan yaitu bahasa, tanda-tanda dan gerak tubuh. Berdasarkan alat yang di gunakan itu dibedakan adanya dua macam komunikasi, yaitu 1)Komunikasi non-verbal 2)komunikasi verbal.

2.2 Komunikasi bahasa
Dalam setiap komunikasi bahasa ada dua pihak yang terlibat, yaitu penirim pesan dan penerima pesan ujaran yng digunakan tuk menyampaikan pesan (gagasan, pikiran, saran dll) itu disebut pesan. Ada dua macam komikasi bahasa , yaitu komunikasi searah dan komunikasi dua arah.
Bahasa itu dapat mempengaruhi perilaku manusia. Maka kalau si penutur ingin mengetahui respon si pendengar terhadap tuturannya, dia bisa melihat umpan balik, yang dapat terwujud prilaku yang tertentu yang dilakukan pendengar setelah mendengar tuturan si pendengar.dengan demikian, umpan balik perfungsi sebagai sistem pengecek respon, yang jika diperlihatkan sipenutur dapat menyesuaikan diri dalam menyampaikan pesan atau tuturan berikutnya.
Sebagai alat komunikasi, bahasa itu terdiri dari dua aspek , yaitu: Aspek linguistik dan aspek linguistik atau paralinguistik. Komunikasi bahasa atau komunikasi yang digunakan bahasa sebagai alatnya mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan jenis komunikasi lainnya, termasuk komikasi yang berlaku pada mayarakat hewan. Komunikasi dengan gerak isyarat tangan yang berlaku untuk orang bisu tuli dan komunikasi membaca gerak bibir yang juga berlaku untuk orang bisu tuli sudah tidak dapat digunakan dalam keadaan gelap atau tidak ada cahaya, karena kedua jenis komunikasi itu sangat mengandalkan pengllihatan mata untuk menangkap dan memahami bahasa gerak tangan dan bahasa gerak bibir itu. \\
Untuk lebih memahami kelebihan komunikasi bahasa ini, baiklah kita bandingkan dalam sisrem komunikasi yang ada dalam dunia hewan. Sudah sejak lama para ahli meneliti dalam sistem kerja alat komunikasi hewan dengan harapan barangkali dapat digunakan untuk mengukapkan berbagai rahasia alam yang masih banyak merupakan misteri bagi manusia.
Ada beberapa penelitian yang telah dilakukan terhadap sistem komunikasi berbagai jenis burung. Penelitian itu menyimpulkan bahwa dalam sistem komunikasi burung yang berubah “bunyi” burung dapat dibedakan adanya dua macam bentuk komunikasi, yaitu panggilan dan nyanyian . Burung-burung dari jenis yang sama, tetapi tinggal didaerah yang berlainan, ternyata dapat mengukapkan pesan yang sama dengan bunyi yang berlainan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kemampuan tuk berkomunikasi dengan panggilan dan nyanyian itu sudah dikuasai sejak lahir, tetapi hanya “Versi dasar”nya saja.  Kemampuan dan penguasan akan panggilan  dan nyanyian itu akan diperoleh kelak dari belajar.

2.3 Keistimewaan  Bahasa Manusia
            Hakikat komunikasi sebagai suatu sistem yang dimiliki manuasia maupun yang ada pada dunia hewan. Berikut ini kita lihat bagaimana kelebihan atau keistimewaan bahasa sebagai alat komunikasi manusia dibandingkan dengan alat-alat komunikasi yang ada pada dunia hewan.
            Setidaknya ada tiga pakar yang tertarik pada masalah ini, yaitu Hockett, McNeill, dan Chomsky,Bila disarikan dari Hockett dan Mc Neill setidaknya ada 10 butir ciri khusus yang membedakan sistem komunikasi bahasa dan sistem komunikasi makhlik lainnya. Ke enam belas ciri itu yaitu;
1.      Bahasa itu menggunakan jalur pokal auditif.banyak hewan termasuk katak,jangkrik,dan burung yang sistem komunikasinya dapat di dengar.
2.      Bahasa dpat tersiar kesegalla arah,tetapi penerimaannya terarah.
3.      Lambang bahasa yang berupa bunyi cepat hilang setelah di ucapkan.hal ini berbeda dengan tanda atau lambang lainnya,seperti bekas tapak kaki hewan dan patung ke pahlawananyang dapat bertahan lama.
4.      Partisipan dalam komunikasi bahasa dapat saling berkomunikasi.
5.      Lambang bahasa itu dapat menjadi umpan balik ang lengkap.
6.      Komunikasi bahasa mempunyai spesialisasi
7.      Lambang-lambang bunyi dalam bahasa dalam komunikasi bahasa adalah merujuk pada hal-hal tertentu.
8.      Hubungan antara lambang bahasa dengan maknanya bukan di tentukan oleh adanya suatu ikatan antara keduanya tetapi ditentukan oleh suatu persetujuan penutur suatu bahasa.
9.      Bahasa bersipat terbuka
10.  Bahasa dapat digunakan untuk menyatakan yang benar dan yang tidak benar atau juga yang tidak bermakna secara ligika.


2.4. hubungan bahasa dengan ilmu bahasa yang lain.
            Bahasa adalah medium tanpa batas yang membawah segala sesuatu mampu termuat dalam lapangan pemahaman manusia.dan bahasa adalah media manusia berpikir secara abstrak yang memungkinkan objek-objek di transformasikan menjdi simbol abstrak. Dengan adanya transformasi ini maka  manusia dapat berpikir mengenai tentang sebuah objek, meskipun objek it tidak terindrakan Saat proses itu dilakukan olehnya.
            Terkait dengan hal diatas, dikatakan sebenarnya manusia dapat berpikir tanpa menggunakan bahasa, tetapi dengan ilmu menjadikan bahasa memudahkan dalam kemampuan belajar dan mengingt, memecahkan persoalan dan memecahkan kesimpulan.  Dengan ilmu, bahasa mampu mengabstrasikan pengalamannya dan mengkomunikasikannya pada orang lain karena bahasa merupakan sistem lambang yang tidak terbatas yang mampu mengungkapkan segala pemikiran.
            Ilmu dan bahasa berhubungan antara kebutuh-kebutuhan kita untuk bereksresi, berkomunikasi dan benda-benda yang ditawarkan kepada kita melaui bahasa yang kita pelajari. Manusia akan hanya akan dapat berkata dan memahami satu dengan yang lainnya dalam kata-kata yang terbahasakan. Orientasi ini yang selanjutnya mempengaruhi bagaimana manusia berpikir dan berkata.


BAB III
PENUTUP

3. Kesimpulan
komunikasi dari bahasa inggris communication,dari anisayenibahasa latin communicatus yang mempunyai arti berbagi atau menjadi milik bersama,komunikasi diartikan sebagai proses sharing diantara pihak-pihak yang melakukan aktifitas komunikasi tersebut.
komunikasi secara umum adalah suatu proses pembentukan, penyampaian, penerimaan, dan pengolahan pesan yang terjadi di dalam diri seseorang dan atau di antara dua atau lebih dengan tujuan tertentu.definisi tersebut memberikan beberapa pengertian pokok yaitu komunikasi adalah suatu proses mengenai pembentukan,penyampaian,penerimaan dan pengolahan pesan.

DAFTAR PUSTAKA


Agustina Leonie, Chaer Abdul. 2010. Sosiolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.
http://bahasa.kompasiana.com/2011/09/11/sosiolinguistik/.(Abdul Chaer, agustina 2004 : 7)










Tidak ada komentar:

Posting Komentar